Cara Trading Saham untuk Pemula Dengan Benar


Investasi saham tidak sesulit yang dipikirkan kebanyakan orang. Berbagai macam metode trading saham tersedia untuk dicoba oleh para pemula, seperti trading online melalui smartphone pribadi. Selain itu, kekayaan data yang Anda miliki akan mempersiapkan Anda untuk mempelajari tren dan kondisi pasar. Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mulai berdagang saham.

Baca Juga: Pengertian Trading Saham dan Tips Gambarannya Supaya Berhasil

Apa sebenarnya yang perlu Anda lakukan saat memulai proses ini? Bacalah saran di bawah ini untuk memastikan bahwa Anda melakukan langkah yang benar saat berdagang saham.

 

Tentukan Indeks Saham yang Tepat

Ada total 22 indeks saham berbeda yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Mempelajari jenis-jenis yang umum digunakan oleh pelaku pasar saham. Anda bisa memilih antara LQ45 dan IDX30, keduanya memiliki likuiditas tinggi dan didukung oleh kualitas perusahaan yang memiliki reputasi baik. Indeks LQ45 ini merupakan indeks pasar saham di bursa efek Indonesia. Ini terdiri dari 45 perusahaan yang berbeda. IDX30, di sisi lain, terdiri dari 30 saham dengan likuiditas tertinggi.

Baca Juga: Cara Trading Saham untuk Pemula Dengan Benar

 

Pilihan Sekuritas yang Sesuai

Bursa Efek Indonesia adalah rumah bagi 22 indeks saham (BEI) yang berbeda. Kenali jenis peserta pasar saham yang paling umum. Baik LQ45 maupun IDX30 memiliki likuiditas tinggi dan didukung oleh kualitas perusahaan yang memiliki reputasi baik, jadi terserah Anda untuk memutuskan mana yang terbaik untuk Anda. Sebagai indeks pasar saham di Bursa Efek Indonesia, LQ45 terdiri dari 45 perusahaan berbeda. Sebaliknya, IDX30 terdiri dari 30 saham dengan likuiditas tertinggi.

 

Rencanakan Periode Perdagangan Saham

Terdapat dua metode perdagangan saham berdasarkan kerangka waktu: jangka panjang dan jangka pendek. Risiko kerugian lebih tinggi dalam jangka panjang, namun ada peluang untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Baca Juga: 3 Hal Wajib Sebelum Berinvestasi dalam Trading Saham

Namun, ketika memperdagangkan saham dalam jangka waktu yang lebih lama, ada peluang keuntungan yang lebih besar. Jika saham yang dimaksud memiliki reputasi yang kokoh, fundamental yang kokoh, dan kinerja yang solid, maka mungkin layak untuk diinvestasikan.

Baca Juga: Konsep Trading Emas Online

 

Lakukan dengan Kesabaran

Ada dua pendekatan berbasis jangka waktu untuk perdagangan saham: jangka panjang dan pendek. Dalam jangka pendek, risiko kerugian memang lebih tinggi, namun potensi keuntungan bisa lebih cepat terwujud.

Baca Juga: Strategi Trading Emas untuk Pemula yang baik

Padahal, saat trading saham dalam jangka panjang, peluang untung lebih besar. Jika saham perusahaan tersebut memiliki reputasi yang kokoh, fundamental yang kokoh, dan kinerja yang kokoh, maka Anda harus mempertimbangkan untuk membelinya.

 

Baca Juga: Keuntungan Trading

Read more:


Recent Posts