Mengenal Saham Syariah di Pasar Modal Indonesia Terbaru


Mengenal Saham Syariah di Pasar Modal Indonesia

Pasar keuangan syariah Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah investor syariah di Indonesia mencapai 50.049 pada Maret 2019, meningkat 12% dari akhir 2018. Mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam, sehingga masuk akal jika negara booming ekonomi akan menghasilkan permintaan yang tinggi untuk produk halal.

Riasan yang mengikuti hukum syariah, produk saniter untuk wanita berhijab, dan barang-barang sejenis lainnya adalah contoh tren global yang mengakomodasi konsumen yang taat beragama. Selain itu, tren ini mulai bergeser dari yang murni spekulatif menjadi yang benar-benar berorientasi pada investasi. Salah satu contohnya adalah investasi pasar saham yang sesuai syariah.

Kemampuan mengakomodir kebutuhan investor yang ingin memiliki saham sesuai prinsip syariah telah mengangkat saham syariah menjadi komoditas langka. Artikel ini memberikan informasi mendalam tentang saham syariah bagi investor pemula.

 

Memberikan Keuntungan yang Halal

Kekhawatiran Anda tentang imbal hasil pasar saham dapat diatasi dengan berinvestasi pada saham-saham yang sesuai syariah. Keuntungan dari investasi saham yang sesuai syariah adalah halal karena terlindungi secara otomatis dari investasi yang dilarang. Perusahaan yang beroperasi di industri alkohol dan tembakau, misalnya, tidak bisa mencatatkan sahamnya di bursa saham yang sesuai syariah.

Investor syariah dapat memperoleh keuntungan dengan cara yang sama seperti pemegang saham konvensional, berupa capital gain (keuntungan dari peningkatan nilai investasi karena fluktuasi harga) dan dividen (keuntungan yang dibagikan kepada pemegang saham).

Anda memerlukan Sistem Perdagangan Daring Syariah (SOTS) untuk memastikan bahwa transaksi saham Anda mematuhi hukum Islam, memungkinkan Anda menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan tenang.

 

Menggunakan MNC Trade Syariah

Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) telah mensertifikasi MNC Trade Syariah sebagai platform perdagangan online yang sesuai syariah untuk saham syariah. Untuk memastikan bahwa Anda hanya dapat membeli saham yang terdaftar di Basis Data Saham Dafter Efek Syariah, MNC Trade Syariah menerapkan sistem (DES) yang ketat dan canggih.

Karena salah satu prinsip syariah adalah bahwa bunga tidak dapat dibebankan pada deposito, pembelian saham hanya dapat dilakukan hingga jumlah uang di Rekening Investasi Nasabah (RDN) investor. Selain itu, Anda tidak akan dapat meminjam uang (membatasi perdagangan) sesuai dengan prinsip syariah yang melarang penggunaan bunga dengan bunga (riba jahiliyah) (bunga pinjaman). Penjualan saham juga terbatas pada saham-saham dalam portofolio Anda.

MNC Trade Syariah adalah pilihan bagi mereka yang tertarik dengan perdagangan saham yang sesuai syariah berkat antarmuka yang intuitif dan serangkaian fitur yang lengkap. Anda dapat menjadi pemegang saham di MNC Trade Syariah dengan mengisi dokumen yang diperlukan (termasuk formulir untuk membuka Rekening Pemegang Saham Syariah dan Rekening Dana Pemegang Saham di Bank Syariah), memberikan salinan dokumen identitas Anda, dan melakukan setoran minimum Rp 100.000 ke dalam RDN Anda.

Sukses dapat muncul dari berbagai sumber, termasuk investasi pasar saham.

Read more:


Recent Posts