Jurus Cuan Dari Window Dressing


Jurus Cuan dari "Window Dressing"

Pada awalnya, sesuatu yang indah dan menarik akan menarik perhatian Anda, lalu hati Anda. Bukan hanya daya tarik fisik seseorang yang bisa mendatangkan adonan; itu juga daya tarik portofolio mereka di bursa. Sama seperti wanita yang menggunakan riasan untuk menyempurnakan penampilan mereka, manajer investasi dan perusahaan publik (emiten) kadang-kadang akan terlibat dalam praktik yang dikenal sebagai "window dressing" untuk memperbaiki penampilan portofolio dan kinerja laporan keuangan mereka. Strategi ini akan membuat laporan keuangan dan portofolio investasi perusahaan terlihat lebih menarik bagi calon investor dan pemegang saham.

Laporan akuntansi dapat dibuat lebih menarik bagi investor dengan mengungkapkan data penjualan aset baru-baru ini. Perusahaan akan berbagi informasi tentang pembelian aset terbarunya dan aktivitas operasional lainnya selama pertemuan kelompok menggunakan hasil dari penjualan tersebut.

 

Paling Signifikan Terjadi di Akhir Tahun

Insiden "window dressing" secara tidak langsung menyebabkan peningkatan nilai saham istimewa. Manajer investasi perusahaan akan berupaya menaikkan harga saham perusahaan agar kinerja akhir tahun di bawah pengawasannya terlihat lebih baik. Dengan banyaknya manajer investasi di seluruh dunia yang ambil bagian, dapat diasumsikan bahwa harga saham di semua indeks utama akan naik seiring dengan berakhirnya tahun.

Biasanya, window dressing terjadi pada bulan-bulan terakhir kuartal, ketika perusahaan melaporkan hasil keuangan kuartalan mereka (yaitu, pada bulan April, Juni, September, dan Desember). Namun, efek window dressing akan terlihat pada bulan-bulan berikutnya, terutama April, Juli, Oktober, dan Januari. Bentuk window dressing yang paling mencolok terjadi menjelang akhir tahun, ketika harga saham cenderung naik hingga Januari (fenomena yang dikenal sebagai "Efek Januari").

 

Jurus Cuan saat Window Dressing

Sebagian besar saham yang mengalami fenomena window dressing adalah penggerak utama IHSG atau memiliki kapitalisasi pasar yang tinggi. Efek window dressing biasanya ditunjukkan dengan kenaikan nilai sejumlah saham tertentu lebih dari 5-10% dalam satu hari perdagangan di pasar saham.

Pastikan Anda memilih saham yang tepat—biasanya yang menggerakkan indeks utama—untuk diuangkan saat fenomena ini terjadi. Ingatlah untuk tetap memperhatikan faktor fundamental dan teknikal saham yang Anda pilih, karena belum tentu saham yang mengalami window dressing di tahun-tahun sebelumnya akan mengalami pola yang sama di tahun berjalan. Selain itu, manfaatkan alokasi dana yang ditentukan yang disisihkan untuk tujuan investasi. Jangan menghabiskan semua uang liburan Anda sekaligus, ya tahu?

Edited.

Read more:


Recent Posts