3 Hal Wajib Sebelum Berinvestasi dalam Trading Saham


3 Hal Wajib Sebelum Berinvestasi Saham

Menyimpan uang sekarang sangat penting jika Anda ingin memiliki kehidupan yang nyaman di masa depan. Akibatnya, harga barang-barang akan terus naik secara stabil dari waktu ke waktu akibat pengaruh inflasi. Jika pengeluaran Anda tidak diimbangi dengan investasi, penjualan perusahaan Anda pasti akan menurun.

Pasar saham adalah salah satu tempat paling populer untuk menaruh uang Anda hari ini. Tidak dapat disangkal bahwa investasi pasar saham menawarkan potensi keuntungan yang cukup besar. Sejalan dengan prinsip high-risk, high-reward, saham merupakan salah satu jenis investasi yang biasanya memberikan imbal hasil lebih besar dibandingkan jenis sarana investasi lainnya. Berikut tiga hal yang wajib Anda ketahui sebelum berinvestasi saham.

 

Kenali Keuntungan yang Akan Didapat dari Berinvestasi Saham

Keuntungan dari investasi saham datang dalam dua bentuk: apresiasi modal dan pembayaran dividen. Keuntungan modal adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih antara harga beli dan harga jual suatu aset. Pembayaran dividen, di sisi lain, adalah bagian dari keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Setiap perusahaan memiliki kebijakannya sendiri mengenai pembagian dividen, jadi sebaiknya Anda membiasakan diri dengan kebijakan tersebut sebelum memutuskan perusahaan mana yang akan berinvestasi atau membeli saham.

Tentukan Tujuan dan Target Investasi Anda

Mengetahui tujuan akhir investasi Anda seperti mengetahui titik awal tujuan Anda dalam sebuah perjalanan. Jauh lebih sulit untuk menemukan jalan ketika Anda tidak tahu ke mana Anda pergi. Hal yang sama berlaku untuk memilih saham yang sesuai dengan tujuan investasi Anda.

Mungkin sebagai orang tua Anda berpikir ke depan beberapa tahun dan berharap menyisihkan uang untuk pendidikan perguruan tinggi anak Anda. Anda bisa memilih saham-saham yang umumnya aman dan memiliki kinerja jangka panjang yang stabil. Setelah Anda menentukan tujuan akhir dari investasi yang ingin Anda lakukan, Anda dapat menentukan tingkat pengembalian yang diinginkan.

 

Perform Kesanggupan Modal Kemampuan

Anda sendiri harus diperhitungkan sebelum membuat komitmen keuangan apa pun. Jika Anda baru memulai, tidak perlu berhutang untuk membeli modal investasi saham. Mulailah dengan apa yang Anda miliki, betapapun kecilnya. Sebagai seorang pelajar, Anda dapat mulai menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk investasi pasar saham saat Anda masih bersekolah. Jika Anda adalah lulusan perguruan tinggi yang baru saja memasuki dunia kerja, Anda harus membiasakan diri untuk memasukkan tujuan tabungan dan investasi ke dalam anggaran bulanan Anda.

Mengetahui ketiga hal tersebut, apakah Anda lebih percaya diri dalam melakukan investasi pasar saham? Biarkan investasi Anda makmur!

Read more:


Recent Posts