MERDEKA Finansial: Dengan Saham Gak Takut Tanggal Tua maupun Hari Tua!


Tidak peduli berapa usia Anda, Anda akan selalu dihadapkan pada masalah pengelolaan uang. Konsep kemandirian finansial, juga dikenal sebagai "kebebasan finansial", dipopulerkan oleh pakar keuangan Amerika Robert T. Kiyosaki. Jika Anda memiliki aliran pendapatan pasif yang stabil, kemandirian finansial akan menjadi milik Anda. Jika Anda dapat mengembangkan aset Anda dengan cepat, situasi yang Anda alami sendiri, Anda dapat mencapai keadaan ini dengan mulai berinvestasi sesegera mungkin. Jika Anda memulai pengelolaan uang yang baik di usia muda, kemandirian finansial akan datang lebih cepat.

Periksa Pengeluaran Anda

Pastikan pengeluaran Anda tidak melebihi pemasukan Anda. Banyak individu mengalami kesulitan dalam menahan pengeluaran dan menghilangkan kebiasaan perilaku negatif. Anda harus melatih pengendalian diri dan membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Anda dapat melacak pengeluaran Anda dengan lebih efektif jika Anda menetapkan sasaran keuangan bulanan, seperti jumlah yang ingin Anda tabung setiap bulan, jumlah hutang yang ingin Anda lunasi, atau sasaran spesifik lain yang Anda miliki, seperti lebih banyak bepergian atau berinvestasi. lebih dalam bisnis Anda.

Hasil akhir dari upaya ini akan menjadi pendekatan yang lebih terfokus pada keuangan Anda dan pengurangan waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas yang tidak penting. Jangan sia-siakan masa muda Anda dengan bermain-main; sebaliknya, Anda harus fokus pada pendewasaan hingga dewasa.

 

Melunasi Semua Utang

Untuk mencapai kemandirian finansial, Anda harus rajin melacak utang dan segera melunasinya. Selalu pastikan untuk melunasi hutang Anda sesegera mungkin, meskipun uang itu digunakan untuk tujuan produktif seperti modal usaha. Uang yang Anda pinjam dapat digunakan untuk apa pun yang Anda suka, termasuk pinjaman online dan kartu kredit.

Jika Anda merasa kesulitan untuk segera mengubah uang Anda menjadi uang tunai, Anda selalu dapat mengecilkan tagihan Anda hingga jumlah yang dapat diabaikan. Persentase yang disarankan untuk mengurangi hutang adalah 30% dari pendapatan untuk mencapai kemandirian finansial.

 

Memiliki Penghasilan Pasif

Mencapai kemandirian finansial membutuhkan upaya bersama untuk mengidentifikasi hutang dan segera menghilangkannya. Pastikan Anda mendapatkan kembali uang Anda secepatnya, meskipun digunakan untuk tujuan produktif seperti modal usaha. Anda dapat meminjam uang melalui berbagai saluran, seperti pinjaman online dan kartu kredit, serta pinjaman KTA dan KMG tanpa jaminan yang lebih tradisional.

Jika tampaknya terlalu sulit untuk melunasi hutang Anda secara langsung, Anda dapat mengurangi jumlah pinjaman Anda hingga dapat dikelola. Untuk mencapai kemandirian finansial, disarankan untuk menyisihkan 30% dari pendapatan setiap bulan sebagai tujuan menabung.

 

Memikirkan Investasi Jangka Panjang

Apakah Anda ingin berinvestasi dan memilih sarana investasi tertentu? Jangan pernah malu mencari saran dari para ahli. Anda juga perlu mempertahankan pandangan praktis dan terbiasa dengan fungsi aset jangka panjang. Investor jangka panjang harus memikirkan pasar saham karena menawarkan potensi pengembalian investasi yang tinggi.

Read more:


Recent Posts