Macam Kekurangan Buka Tabungan Emas di Pegadaian


Kekurangan Buka Tabungan Emas di Pegadaian

Berinvestasi dengan maksud yang jelas untuk menghasilkan keuntungan adalah strategi yang baik. Namun bukan rahasia lagi bahwa setiap alat investasi di luar sana tidak menjanjikan apa-apa selain keuntungan bagi penggunanya. Anda harus tahu bahwa instrumen investasi apa pun memiliki kemungkinan untuk merugi. Namun, berinvestasi di pasar emas Pegadaian bukannya tanpa kekurangan. Sebelum menyelami cara membuka rekening emas di Pegadaian, sebaiknya Anda mengenal empat kelemahannya.

1. Ada Biaya Administrasi

Dengan segala kemudahan membuka rekening e-gold di Pegadaian, tak heran jika perusahaan mengenakan biaya untuk setiap penjualan logam mulia tersebut. Biaya-biaya tersebut di atas adalah:

  • Biaya transfer emas ke rekening lain adalah Rp2.000 per transaksi jika dilakukan di outlet Pegadaian tetapi dibebaskan jika menggunakan Aplikasi Digital Pegadaian.
  • Penyelesaian rekening emas Rp2.000 per transaksi
  • Buku rekening emas pengganti seharga lebih dari Rp10.000 per transaksi akan disediakan.
  • Investasi dalam bentuk emas dikenakan pajak dengan tarif tetap sebesar Rp30.000 per tahun per rekening bank.
  • Pendanaan Rekening Emas di atas Rp30.000 per Penutupan Rekening

2. Proses Penukaran Tidak Cepat

Kerugian selanjutnya dari pembukaan rekening emas metode Pegadaian adalah proses penarikan emas dari rekening tersebut tidak terlalu cepat. Emas harus diubah secara fisik selama beberapa hari. Bahkan proses pemurnian harus dilakukan di kantor utama, jadi Anda harus meluangkan waktu untuk menjual emas.

3. Ada Pencairan Berat Minimal

Mengenai pemurnian emas, Pegadaian memiliki pedoman pembatasan berat. Investasi emas di Pegadaian membutuhkan saldo minimal 5 gram. Pencairan tidak akan mungkin jika syarat ini tidak terpenuhi. Selain itu, saat menuang emas dalam bentuk mata uang, Anda perlu menyaring 0,1 gram. Tujuannya, agar rekening tabungan emas Pegadaian tetap berfungsi normal. Anda dapat terus memasukkan uang ke akun emas Anda tanpa membuka yang baru.

4. Ada Kurs Jual dan Beli

Saat ingin menjual atau membeli emas, ada harga jelas yang disesuaikan dengan naik turunnya harga logam mulia tersebut saat itu. Sangat penting untuk mengamati pergerakan harga jual dan beli sebelum melakukan transaksi emas di Pegadaian. Anda bisa menjual emas saat harganya naik. Sebaliknya, Anda bisa melakukan pembelian saat harga turun.

Di sini kita memiliki kekurangan transaksi emas yang seharusnya mendorong pemikiran serius. Tidak mengherankan jika investasi emas jangka panjang memberikan keuntungan yang lebih besar. Jika Anda ingin melakukan investasi jangka panjang, Anda mungkin ingin memikirkannya lagi.

Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian berinvestasi emas di Pegadaian, apakah Anda sudah mengambil keputusan? Yang terbaik adalah mulai berinvestasi segera sehingga Anda dapat menikmati hasil kerja Anda di masa depan sebagai dana darurat, tabungan pensiun, atau untuk tujuan keuangan lainnya. Setelah itu, bagaimana cara membuka rekening zamrud di Pegadaian? Dua pendekatan yang mungkin dibahas secara rinci di bawah ini.

1. Cara Buka Tabungan Emas Offline

beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mengikuti prosedur pembukaan rekening zamrud di Pegadaian. Persyaratan Pegadaian sangat mudah mengingat informasi yang Anda berikan tentang diri Anda sebagai investor atau pemilik aset emas. Berikut ketentuannya:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP/Paspor) yang masih berlaku;
  • Mengisi aplikasi pembukaan rekening di bank tabungan emas Pegadaian; membayar biaya terkait.

Jika semua persyaratan pembukaan rekening emas di Pegadaian telah terpenuhi, maka prosedur yang benar adalah sebagai berikut:

  • Mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan untuk membuka rekening bank emas dan membawanya ke kantor Pegadaian di kabin Pegadaian terdekat.
  • Membayar biaya administrasi Rp10.000 dan biaya investasi Rp30.000.
  • Saat Anda menerima Buku Panduan Berinvestasi Emas, Anda harus segera melakukan pembelian.
  • Jika Anda menginginkan beberapa koin emas fisik, Anda dapat memesannya dengan berat yang diinginkan dan membayar biaya pencetakan yang diperlukan.

2. Cara Buka Tabungan Emas Online

Pegadaian juga menyediakan cara pembukaan rekening tabungan emas yang mudah diakses kapan saja dan dari mana saja sehingga lebih nyaman bagi investor. Benar sekali, Anda bisa membuka rekening bank emas online. Prosedurnya kemungkinan akan sedikit berbeda dari metode off-line konvensional. Semua hal berikut ini harus dipenuhi sebagai syarat:

  • Gadget yang mendukung internet; paspor atau kartu identitas asli untuk ditunjukkan pada saat pendaftaran.

Jika semuanya sudah beres, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuka akun emas di Pegadaian:

  • Menginstal aplikasi Pegadaian Digital di perangkat.
  • Isi formulir pendaftaran dengan akurat.
  • Silakan masukkan paspor atau foto ID.
  • Pilih kantor cabang Pegadaian terdekat untuk mengambil kertas kas dana. Dengan akun online, pembayaran harus dilakukan dalam waktu sebelas bulan sejak pembukaan akun.
  • Lakukan deposit Rp50.000 dengan mudah menggunakan aplikasi Pegadaian Digital.

Read more:


Recent Posts