5 Rekomendasi Terbaik Aplikasi Investasi Emas


Perangkat lunak investasi emas hadir dalam beberapa rasa berbeda, yang masing-masing dapat digunakan untuk membangun portofolio investasi sesuai dengan aturan dan parameter yang telah ditentukan. Misalnya, jumlah minimum modal investasi yang harus dikeluarkan. Selain itu, ada sejumlah fasilitas dan biaya yang akan diganti. Kini, MoneyDuck telah menyusun daftar beberapa aplikasi investasi emas yang akan memudahkan Anda dalam memilih platform investasi terbaik:

1. Pegadaian Digital

Sebagai produk investasi emas, Pegadaian Digital milik BUMN Pegadaian kini telah tersedia untuk umum. Investasi emas di Pegadaian dapat dilakukan secara digital dengan bantuan aplikasi investasi emas yang dapat diunduh dari App Store dan Google Play Store. Setelah itu, isi formulir pendaftaran dan kunjungi toko fisik Pegadaian untuk memverifikasi informasi Anda. Lengkapi proses validasi dengan KTP atau Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan setelah pendaftaran.

Anda dapat membeli dan menjual emas secara online dan bahkan memindahkan kepemilikan emas Anda antar akun. Anda bisa membeli emas sesedikit 0,1 gram per hari menggunakan aplikasi investasi emas Pegadaian Digital, dan sebanyak-banyaknya 100 gram per hari. Sementara kuota penjualan harian telah ditetapkan maksimal 100 gram dan minimal 1 gram. Investasi emas bisa dicairkan dalam bentuk emas fisik seberat 1 gram saja. Biaya yang terkait dengan pemindahan emas secara fisik dari satu rekening ke rekening lainnya dapat sangat bervariasi, dari Rp60.000 hingga Rp120.000 per gram, bergantung pada faktor-faktor seperti berat dan jenis emas yang ditransfer (misalnya, ANTAM, UBS, Lotus, dan lain-lain). kendaraan investasi emas).

Salah satu keuntungan berinvestasi emas melalui Pegadaian Digital adalah harga jual dan beli yang lebih menguntungkan. Selain itu, biaya transaksinya wajar, berjumlah Rp10.000 untuk pembukaan rekening dan Rp30.000 per tahun untuk penyimpanan emas. Pegadaian Digital juga merupakan tempat paling terpercaya untuk mendapatkan emas 24 karat dengan kemurnian tertinggi.

 

2. Pluang

Pluang adalah platform investasi terpadu yang memungkinkan Anda mengumpulkan emas, mata uang kripto, obligasi pemerintah, dolar AS, dan bahkan indeks saham AS (S&P 500). Oleh karena itu, investor dapat dengan mudah mendiversifikasi portofolionya dalam satu program. Keuntungan tambahan Pluang adalah tidak adanya biaya tersembunyi yang akan dibebankan kepada investor.

Keunggulan Pluang dibandingkan dengan aplikasi investasi emas lainnya adalah harga emas yang ditawarkan sangat murah. Pluang memiliki bid-ask spread 1,75 poin persentase sementara bid-ask spread dan buyback spread aplikasi lain bisa mencapai 3 poin persentase (bahkan fluktuatif). Hal ini karena Pluang mendapatkan emasnya melalui pasar komoditas jangka panjang sehingga dia bisa membeli emas dengan harga di bawah harga pasar.

Sementara aplikasi lain mensyaratkan deposit minimal Rp500 bahkan Rp100, Pluang minimal pembelian emas Rp10.000. Membeli emas melalui Pluang mungkin tampak lebih hemat biaya sekarang setelah harga turun, tetapi itu hanya karena daya beli mata uang yang tinggi. Menginstal aplikasi Pluang dan mendaftar akun adalah satu-satunya langkah yang diperlukan. Setelah itu, Anda harus mulai berinvestasi dengan tertib membeli emas.

 

3. Tokopedia Emas

Tokopedia memiliki fitur investasi emas berkat kemitraannya dengan dua provider yaitu Pegadaian dan Pluang. Anda bisa memilih salah satunya dengan memikirkan keuntungan dari masing-masing penyedia layanan. Fakta bahwa Tokopedia Emas oleh Pegadaian telah beroperasi sejak tahun 1901 memberikan keuntungan yang signifikan dalam hal pengetahuan kelembagaan. Keunggulan Tokopedia Emas by Pluang adalah harga beli kembali (spread) yang stabil sebesar 3%, berbeda dengan harga beli kembali emas di Pegadaian yang fluktuatif.

Seluruh proses transaksi Tokopedia Emas by Pluang dilakukan secara digital, sedangkan Tokopedia Emas by Pegadaian tetap membutuhkan kehadiran investor di bursa fisik hub Pegadaian. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing untuk pemesanan jual dan beli emas minimal Rp5.000. Ini sangat cocok untuk investor emas pertama kali. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk menerima banyak diskon dan rabat.

 

4. Tabungan Emas Shopee

Tabungan Emas Shopee merupakan hasil kerjasama kedua perusahaan, sama seperti aplikasi investasi emas lainnya. Perbedaan yang paling mengejutkan adalah harga minimum order yang sangat murah hanya Rp500. Ini membuat aplikasi investasi emas menjadi lebih luas. Meskipun demikian, kecuali Anda sudah mampu berinvestasi dengan jumlah nominal yang cukup besar, hal ini tidak akan memberikan kontribusi berarti yang cukup besar bagi portofolio investasi Anda.

Anda dapat mengonversi kepemilikan emas digital Anda menjadi emas fisik dengan biaya yang sama dengan aplikasi investasi e-gold lainnya. Biaya transaksi lainnya, seperti biaya tabungan tahunan di atas Rp30.000, juga sama. Selain menyelesaikan proses pendaftaran online, Anda harus terus memvalidasi informasi Anda dengan database Pegadaian paling lambat dalam waktu 18 bulan untuk mencegah saldo emas Anda ditransfer ke rekening bank Anda. Namun, Anda tetap bisa membeli dan menjual emas tanpa melalui proses validasi.

Cara beli emas menggunakan aplikasi investasi emas Shopee juga mudah. Langkah pertama adalah mengatur aplikasi Shopee di perangkat Anda. Setelah itu, pilih "Emas" dari menu Pulsa Tagihan & Hiburan. Langkah selanjutnya adalah memutuskan berapa banyak emas yang ingin Anda beli dan bagaimana Anda ingin membayarnya. Tabungan emas akan bertambah dan bisa dicairkan saat harga emas naik dengan mekanisme yang sama.

 

5. Go Investasi (Gojek)

Gojek dan Pluang telah meluncurkan produk investasi baru bernama Go Investasi, sebuah aplikasi untuk berinvestasi emas dan pengiriman uang yang dapat menjadi alternatif saat harga pasar saham jatuh. Seorang investor dapat memulai di pasar dengan membeli 0,01 gram emas, atau reksadana, seharga Rp15.000. Go Investasi juga memberikan banyak insentif bagi investor yang menghindari risiko berupa diskon dan rabat.

Harga buyback emas yang dilakukan Go Investasi sangat rendah, berkisar sekitar 3 persen. Bagi yang berminat dapat langsung mengunduh aplikasi Gojek dan memilih opsi Go Invest dari menu. Setelah Anda selesai melakukannya, pilih opsi emas dan tentukan denominasi yang ingin Anda beli. Go Invest menyertakan fitur Auto-Invest untuk pembelian emas otomatis dan sistematis yang dipotong dari saldo GoPay Anda. Fitur terpenting, yang tidak akan Anda temukan di aplikasi investasi emas lainnya, adalah pengiriman langsung emas fisik oleh driver Gojek Anda.

Read more:


Recent Posts